Senin, 14 Januari 2008

Kawinan

Sabtu, 12 januari kemarin pak Markum ngadain resepsi kawinan anaknya. Acaranya di gedung Bulog Jakarta, kemewahan sebetulnya ingin ditampakan tapi kog tetep ndak keliatan.. tetep ada yang kurang. Tapi tak mengapa.. karena ini pestanya Cici (anaknya pak Markum).. terserah dia donk. Penilaian orang selalu aja ada yang kurang.
Ada tiga hal yang aku perhatiin disetiap acara kawinan: Makanan, Tamu dan Pengantinya.
Makanan.. enak nggak ya.. bikin selera ndak. Tamu.. adakah yang aku kenal.. ato temen sang pengantin ada yang cakep kagak ya. Pengantin.. keliatan seksi ato tambah ancur.
Orang datang ke resepsi.. dari turun mobil.. masuk pelataran.. antri untuk salaman.. langsung memburu makanan. Ada dua kategori tamu berdasarkan makanan.. tamu yang makan karena laper ato tamu makan karena dia suka akan makanan. Tipe pertama, dia akan langsung menuju antrian makan buffet nasi. Antri panjang.. ntar yang diambil nasi putih ato nasi bumbu (nasi hainan ato goreng) habis itu sup.. lauk..(biasanya dua macem) krupuk. Dimana mana mana menu hampir sama. Makan kali ini tujuannya cuman sing penting wareg (yang penting kenyang). Setelah itu baru berburu gubuk gubuk yang tersedia. Acara terakhir leyeh leyeh ato ngeloyor pulang. Tipe kedua karena dia emang doyan.. setelah salaman sama pengantin..(kalo perlu kagak usah salaman) langsung bikin urut prioritas, gubuk mana yang harus pertama samperin. Cewek biasanya yang akan disamperin gubuk yang nyediain salad, dimsum, zupa soup ato makan makan yang tidak begitu mengenyangkan. Tapi kalo yang dilahap salad stu porsi, zupa soup satu porsi, dimsum satu paket, snack satu paket, puding satu paket dan coca cola satu pet., siapa yang kagak kekenyangen. Kalo cowok inceran pertama biasanya kambing guling, sate ayam, ato makanan lainnya sesuai perintah sang pacar. Sang pacar biasanya.. "yang aku mau ini.. yang coba deh satu piring ini.. yang buka dong kantong mu atau boleh juga kolormu, aku mau bawa puding satu piring.. senyum dong yang.." Karena hampir semua gubug disamperin.. tidak usah mampir tempat yang ada nasinya sudah cukup kenyang.. kecuali cewek yang ususnya panjang ditambah dengan punya peliharaan cacing yang banyak. Ciri utama sebuah pesta yang berhasil adalah pertama tamu cewek pada bungkusin makanan, kedua omongan orang ketika pulang.. kalo orang pas pulang ngomong ketemennya ”lu tadi bawa apaan.. berapa banyak..” dan jawabannya ”duh jeng.. tas ike sampai ndak muat.. sampai sampai ike titipin ke kantong batik suami ike” Itu tanda Pesta Sukses Besar.
Kawinan yang paling asik adalah kalo tamu yang diundang bisa hadir semua. Apalagi kalo yang bisa datang adalah sosok orang yang terpandang.. sukur sukur pejabat ato artis. Meski pejabatnya suka korupsi dan artisnya sering terkena razia narkoba, tapi ndak papa.. mereka kan tetap terkenal. Sebagai sesama tamu seneng juga bisa ngeliat orang yang selama ini kita tahu dari media masa. Tapi meski yang datang tidak terkenal.. tapi ceweknya pakainnya seksi abis plus orangnya cakep juga.. it’s ok ajalah. Justru ndak pengin beranjak dari tempat resepsi.
Setiap ngeliat pengantin.. kayak ngeliat tontonan wayang orang aja. Berdiri cuman berdua.. ditonton banyak orang. Cengar cengir.. kadang kadang saking tegangnya wajah cantik bisa paling menyeramkan didunia. Untuk saling pegangan aja kayak pegang besi panas.. begitu tegangnya. Aku selalu meperhatikan setiap orang layak, setidaknya untuk sehari aja dia menjadi seorang raja ataupun ratu. Dalam kurun waktu 63 tahun hidupkita, satu hari dimana kita menjadi seorang raja ataupun ratu yang disanjung, semua orang tersenyum untuk kita. Meski demikian sebagai seorang pengatin, lo harus sadar kalo ini hari adalah titik awal kehidupan lu yang sebenarnya. Dulu lu seorang diri sekarang berdua. Dulu lu raja ditempat tidur sekarang lu haris berbagi. Dulu setiap lu makan enak lu bisa begitu lahap menikmati sekarang setiap suap yang lu makan lu harus ingat dia makan enak seperti kita ndak ya.. jangan jangan dia belum makan. Setiap lu mau akhir minggu bisa bebas kemana aja, sekarang lu harus rembuk ”kemana kita mau pergi?. Lu dulu punya 2 orang tua sekarang lu punya 4 orang tua. Segalanya berubah.. tapi satu hal yang tidak boleh berubah, justru harus setiap pagi lu perhatiin.. sayang lu terhadap pasangan lu. Anyway busway dihari dimana lu harus berubah.. sudah sepantasnya lu jadi raja atau ratu setidaknya dihari tersebut. Hidup sudah susah jangan lah dibuat susah.
Selamat kepada siapa saya yang telah menikah dan akan menikah.

Tidak ada komentar: